5 Ramadan 1436 H

Tepat hari ini 5 Ramadan. Teriring doa dan harap semoga tahun ini menjadi Ramadan yang lebih indah, lebih syahdu, dan bermakna untuk saya dan keluarga.

Tepat hari ini juga adalah 5 tahun ayah saya wafat. Nyaris lupa saat kakak saya upload foto ayahanda di facebook. Mengingat beliau tentu saja mengingat segala petuah di detik-detik hembusan nafas terakhirnya. Tak ada warisan materi yang tertinggal, hanya pengingat pada pelaksanaan ibadah dan menjaga kualitas ibadah. Saya masih ingat bagaimana raut wajahnya saat menekankan pada sholat. 'Jaga sholat kalian terucap dengan nada terbata-bata dan diiringi sesenggukan dan derai air mata kami di ruang ICU kala itu.

Ramadan kali ini membawa saya pada cita-cita, harap dan asa agar ibadah saya lebih baik lagi. Kali ini target-target ibadah tak ingin saya lewatkan, semoga janji hati ini bisa tertunaikan hingga Ramadan ini berakhir. Amiin.

Ramadan harus saya maknai lebih dalam lagi. Saya telusuri berbagai bacaan yang bisa membangkitkan naluri jiwa saya hingga menemukan definisi yang cukup sederhana di bawah ini dari Huffington post:

The word Ramadan means 'to burn,''. "Part of the purpose is to burn away bad habits, burn away impunity. To burn away things that are distracting you from the remembrance of God."
Ramadan is an priceless opportunity to take action and become a better servant to humanity.

Ramadan is a precious gem that attracts God’s nearness, His mercy, His blessings, and His forgiveness.

Ramadan is a narrow path that reminds us fasting is not just about abstaining from food and drink, but also from back biting, gossiping, malice, suspicion, miserliness, extravagance, vulgarity, immodesty, infidelity, arrogance, ignorance, cowardice, and thinking ill of others, so that when food and drink become permissible once again, we have built an internal fortress to permanently abstain from the aforementioned bad habits.

-Qasim Rashid
Makna Ramadan tidak semata itu rasanya,  tapi paling tidak saya ingin mulai dari yang sederhana tapi bermakna untuk pribadi saya:)

Comments

Popular posts from this blog

Istirahat Makan Siang

Memasak Sebagai Kegemaran 'Baru' tapi Lama