1 Tahun tak ngeblog?

Membuka kembali blog ini, menelisik kembali tulisan-tulisan dan memori yang pernah diabadikan, lalu mencari celoteh tahun 2012, Alhasil nihil. Lalu tersadar ternyata satu tahun tak menuliskan apa-apa, tak merefleksikan diri sama sekali. Dan ini tak bisa dimaafkan.

Maka kompensasinya adalah merefleksi diri satu tahun yang lalu itu menjadi tulisan hari ini. Balas dendam ceritanya.


Satu tahun itu adalah masa transisi menjadi Ibu, pekerja, anak dan istri. Peran yang secara simultan harus berjalan seimbang. Tak mudah melewati fase ini. 
Butuh pembelajaran tanpa batas untuk menjadi ideal. 

Bicara tentang ideal, maka fase berikutnya adalah idealisme. 
Idealisme itu perlu dipupuk karena ini adalah prinsip hidup yang harus selalu terpatri. prinsip adalah investasi non material untuk menjadi basis pergerakan mendidik diri dan keluarga.  

Lalu, apakah selama satu tahun itu saya berjalan dengan idealisme saya? 
Nah disinilah karut-marutnya saya jika ingin benar-benar merefkesi diri. 
Rasa-rasanya saya tetap berjalan dengan idealisme versi saya, tapi lingkungan sekitar saya belum tentu sejalan dengan apa yang saya pikirkan. implikasi dari semua ini adalah berdamai dengan tidak ikhlas. 

Namun saya tipikal orang yang tak bisa membohongi diri sendiri. Orang lain harus paham apa yang saya pahami agar ia tahu cara menghargai prinsip orang lain. Dan ini adalah prinsip berikutnya setelah idealisme:). sekali lagi belajar menunjukkan diri bahwa setiap jiwa punya kemerdekaan dan kebebasan sendiri untuk menjadi apa yang diinginkan. Lakukan yang terbaik dan jalani dengan sunguh-sungguh dan ini perlu penguatan dalam diri. Once again, endless learning.


Satu tahun alias 12 bulan adalah proses panjang belajar baik belajar mengurus dan menata kehidupan berkeluarga dan bekerja dalam rutinitas. Akan selalu ada hikmah dan pelajaran yang dapat di 'bold' untuk menjadi refleksi. Lalu ketika terbetik dalam diri mengambil sari pelajaran dalam setiap proses itu, idealnya ditorehkan dalam tulisan agar menjadi penguatan untuk menjadi lebih baik lagi.

Demikian refleksi ini.
Akhirnya bisa membalas satu tahun itu tak ngeblog.


Selanjutnya harapan di tahun 2013 ini adalah membangun produktivitas diri kembali. 


prinsipnya adalah stay informative, fun and productive as possible:)




Comments

Popular posts from this blog

Istirahat Makan Siang

Memasak Sebagai Kegemaran 'Baru' tapi Lama